ISU LINGKUNGAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PENGETAHUAN LOKAL

  • FERI SETIAWAN FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS BOYOLALI
  • KUNASIROH FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS BOYOLALI
  • TOPAN SETIAWAN FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS BOYOLALI
  • FANNY HENDRO ARYO PUTRO FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS BOYOLALI
Keywords: Lingkungan, pembangunan, LSM, pemberdayaan

Abstract

Kajian ini bertujuan menggambarkan bagaimana isu lingkungan sebagai part – part elemeter  pembangunan berkelanjutan direspon, lalu ditindaklajuti oleh masyarakat. Diskursus mengenai  lingkungan menjadi mendesak dan bahkan elementer mengingat banyaknya tragedi yang dilakukan oleh manusia terhadap basis hidupnya. Tragedi  lingkungan yang manifest sebagai bencana, kerusakan hebat lingkungan, dan adanya reduksi daya sensitivitas peduli lingkungan yang hebat.

Tulisan ini merupaan hasil amatan terhadap sebuah LSM dalam kiprahnya . Hasil penelitian menunjukkan LSM LPTP menjadikan lingkungan sebagai isu yang menjadi spirit dalam proyek – proyek pemberdayaan masyarakat. Beberapa proyek pemberdayaana berwawasan lingkungan dilakukan sebagai bentuk sensitivitas dan tanggungjawab lembaga.

Published
2019-10-29
How to Cite
FERI SETIAWAN, KUNASIROH, TOPAN SETIAWAN, & FANNY HENDRO ARYO PUTRO. (2019). ISU LINGKUNGAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PENGETAHUAN LOKAL. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 1(03), 68-72. Retrieved from https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/396

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>