EFEK MEDIASI EFIKASI DIRI DAN SKEPTISME PROFESIONAL PADA PENGARUH PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP AUDIT JUDGEMENT (STUDI EMPIRIS PADA KANTOR BPKP PROVINSI MALUKU)

  • PAUL USMANY Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pattimura
  • PETRA M ERLELY Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pattimura
  • AMELIA JOSEFIEN VIOTTY RADIANTO Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pattimura
Keywords: Audit Judgement, Pengalaman Auditor, Efikasi Diri, Skeptisme Profesional.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:   Pengaruh   Pengalaman Auditor terhadap Audit Judgement, Pengaruh Pengalaman Audit terhadap Efikasi Diri, Pengaruh Pengalaman Auditor terhadap Skeptisme Profesional, Pengaruh Pengalaman Auditor terhadap Audit Judgement yang di mediasi oleh Efikasi diri, Pengaruh Pengalaman Auditor terhadap Audit Judgement yang di mediasi oleh Skeptisme Profesional. Sampel penelitian ini adalah 36 auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Maluku. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh (sensus). Data Penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pengalaman Auditor berpengaruh terhadap Audit Judgement, Pengalaman Auditor berpengaruh terhadap Efikasi Diri, Pengalaman Auditor berpengaruh terhadap Skeptisme Profesional, Efikasi Diri tidak dapat memediasi Pengalaman Auditor terhadap Audit Jugement, Skeptisme Profesional tidak dapat memediasi Pengalaman Auditor terhadap Audit Judgement.

Published
2023-06-16
How to Cite
PAUL USMANY, PETRA M ERLELY, & AMELIA JOSEFIEN VIOTTY RADIANTO. (2023). EFEK MEDIASI EFIKASI DIRI DAN SKEPTISME PROFESIONAL PADA PENGARUH PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP AUDIT JUDGEMENT (STUDI EMPIRIS PADA KANTOR BPKP PROVINSI MALUKU). JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 4(10), 57-75. Retrieved from https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/968